Rabu, 05 November 2014



Tips Penting bagi Manajer-Leader

Artikel ditulis oleh Ikhwan Alim


Leader-Manager
Saya mengevaluasi setahun kepemimpinan saya di organisasi mahasiswa HMF  ’Ars Praeparandi’ yang pernah saya pimpin. Setelah saya evaluasi, ada 5 hal penting yang sebaiknya tidak saya lakukan di masa-masa kepemimpinan saya selanjutnya, dan semoga ini menjadi masukan bagi semua yang membaca artikel ini.

1. Cukup kerjakan satu hal saja, jangan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.
Ketika Anda menjadi seorang manajer-leader yang mengurusi hal-hal strategis dan juga berfungsi sebagai penanggung jawab, hampir dapat dipastikan bahwa segala hal yang menjadi urusan adalah hal-hal penting dalam organisasi. Oleh karena itu, jangan mengerjakan beberapa hal sekaligus. Fokuslah pada pekerjaan Anda, serta selesaikanlah apa yang harus Anda selesaikan satu per satu.

2. Selalu sediakan waktu untuk berfikir dan berkontemplasi
Tugas penting seorang manajer-leader adalah memikirkan masa depan yang strategis bagi organisasi. Hal ini tentu membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Untuk  mencapainya bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, selalu sediakan waktu untuk mengkonteplasikan hal-hal yang sudah pernah dikerjakan dan memikirkan masa depan organisasi yang lebih strategis.

3. Jangan fokus pada solusi yang instan, tapi carilah solusi strategis yang menyentuh langsung akar permasalahan!
Dalam memimpin organisasi, akan ada banyak hambatan dan tantangan yang harus dijawab. Hambatan bisa datang bertubi-tubi mengancam keberlangsungan organisasi. Untuk mengatasinya, jangan mencari solusi instan yang hanya bersifat sementara saja, tapi carilah solusi strategis yang menyentuh langsung akar permasalahan!

4. Jangan bekerja keras, tapi bekerjalah lebih cerdas!
Manajer-leader organisasi mengurusi hal-hal strategis dan membutuhkan waktu lebih untuk konsentrasi berpikir. Oleh karena itu, mulailah untuk fokus pada pekerjaan yang lebih cerdas, tidak hanya mengalokasikan waktu untuk bekerja lebih keras.

5. Jangan pernah bekerja sendirian!
Organisasi sukses, di masa kini, bukan organisasi yang berlandaskan pada kapasitas individual semata, tapi juga didasarkan pada sinergisasi kerja bersama. Komunikasikanlah segala informasi kepada semua bagian organisasi dan delegasikanlah wewenang dan tanggung jawab, bila perlu. Jangan pernah bekerja sendirian, karena efektifitas kerja akan lebih tinggi bila dikerjakan bersama-sama!
Demikian 5 evaluasi dari saya untuk saya, dan semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

KESIMPULAN:
Dalam bekerja ada banyak hal yang sangat penting yang sering kita lupakan dan seringkali hal tersebut menjadi batu sandungan bagi kita sendiri. Dalam hal ini ada 5 hal penting yang harus kita perhatikan dalam sikap dan cara kita bekerja, yaitu cukup kerjakan 1 hal dan jangan lebih, selalu sediakan waktu untuk berpikir, jangan suka cari solusi yang instan namun tidak berbobot, bekerjalah dengan cerdas, dan yang terpenting adalah jangan bekerja sendirian. Jika kelima hal ini bisa kita maksimalkan, bisa dipastikan kinerja kerja dan belajar kita bisa sangat baik.

OPINI:
Dalam Artikel ini, tidak hanya dalam dunia pekerjaan saja kita bisa menerapkan ini, akan tetapi kita juga bisa menerapkannya dalam perkuliahan dan sekolah kita. Hal-hal diatas menjadi sangat penting dan bermanfaat dalam aktivitas kita. Sering kali selalu bekerja dengan sangat keras, padahal ada banyak cara yang lebih mempermudah kita, namun kita tidak manfaatkan itu dengan baik. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk selalu menerapkan prinsip kerja cerdas, dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Kita terkadang suka menganggap remeh seseorang, padahal justru terkadang orang tersebut jauh lebih pintar dari kita.
Maka dari itu marilah mulai sistem bekerja dan perkuliahan dan motovasi yang baru dan lebih baik.

SUMBER:  http://ssdk.itb.ac.id/?p=72

0 komentar:

Posting Komentar