Jumat, 07 November 2014



Tugas
Ilmu Budaya Dasar

Contoh Studi Kasus Bab V Manusia dan Keindahan




Dosen: Annur Husnul Khotimah, SPsi.,MPsi

Disusun Oleh:
Jeffry (15214614)
Kelas: 1EA20

Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen
Depok 2014



Keindahan Alam Dan Budaya Bali
Tari kupu-kupu atau tari kupu-kupu tarum adalah salah satu dari sekian banyak tarian yang berasal dari Bali. Keberadaan Bali dalam sisi seni budaya, keindahan alam dan religiusitasnya telah diakui dan dikenali oleh masyarakat Internasional. Maka tak heran jika banyak budayawan dan seniman Bali yang terkenal dalam pentas dunia seni internasional.
Menurut catatan sejarah tarian Bali, tari kupu-kupu diciptakan oleh diciptakan oleh I Wayan Beratha pada tahun 1960-an.  I Wayan Beratha adalah seniman Tari Bali yang lahir pada tahun 1926, di Banjar Belaluan Denpasar. Kini ia menetap di Banjar Abian Kapas Kaja. I Wayan Beratha hidup dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga seniman Bali. Kakeknya, I Ketut Keneng (1841-1926) juga adalah seniman Bali yang besar pada zamannya. Kakeknya adalah seorang ahli karawitan dan pagambuhan. Karena kebesaran nama dan karyanya, hampir sebagian besar kehidupan Pekak (Kakek) Kenengnya diabdikan untuk keluarga Puri Denpasar, sebagai seniman kesayangan Raja I Gusti Agung Ngurah Denpasar hingga Perang Puputan Badung meletus tahun 1906. Maka pantaslah darah seniman besar mengalir dalam I Wayan Beratha dan menciptakan karya-karya besar bagi masyarakat Bali dan Indonesia.
Tarian kupu-kupu adalah jenis tarian grup putri yang dimainkan oleh lima orang perempuan atau lebih. Tarian ini menggambarkan kupu-kupu berwarna biru tua atau tarum yang sedang terbang dan hinggap dari satu bunga ke bunga lainnya.
Pemaknaan terhadap tarian kupu-kupu di atas, adalah cerminan dari cara berpikir Beratha yang mempunyai pandangan sangat terbuka, ia berusaha membuang fanatisme kedaerahan meski tidak sepenuhnya meninggalkan kekhasan budaya Bali. Dari segi seni karawitan, pada tahun 1957 - 1959, ia mulai menyadap pembauran warna gambelan yang meretas jauh pola-pola kedaerahan. Pola-pola ini menurutnya disebabkan oleh adanya kompetisi di zaman raja-raja yang berlangsung hingga zaman penjajahan. Maka ia memberanikan diri mempelajari karawitan Bali Utara dan mengajarkan karawitan Bali Selatan di seluruh Bali. Kemudian bersama I Cede Manik, I Wayan Beratha menjadi jembatan antara  gaya seni karawitan \"Bali Selatan dan Utara yang tentunya tercermin dan setiap tarian yang diciptakannya.
Keindahan Bali
Pulau Bali memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Tanah Lot. 'Tanah Lot' adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura ini merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan di Bali, sebagai tempat memuja dewa-dewa penjaga laut. Pura ini akan kelihatan dikelilingi air laut  pada saat air laut pasang. Tanah Lot akan semakin ramai dikunjungi  pada saat festival tahun ini adalah "Selalu Dikenang", yang mengambil filosofi bahwa siapa pun yang berkunjung ke Tanah Lot selalu mendapatkan kenangan yang tidak dapat dilupakan. Perhelatan itu rencananya dibuka tanggal 1 November. Festival Tanah Lot bakal diramaikan acara Gong Kebyar Anak-Anak, Gong Kebyar Wanita, pementasan Barong Kombinasi Tektekan, Tari Kreasi, Keseniang Slonding, dan pementasan sendratari Ramayana. Selain itu akan ada pameran produk-produk unggulan perindustrian pangan, kerajinan, desain, pameran foto, dokumentasi obyek Tanah Lot, dan pameran lukisan.

Tanah Lot merupakan salah satu tempat yang menarik dan salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan manca negara maupun domestik. Minat Wisatawan manca negara setiap tahunnya akan semakin meningkat, keindahan alam yang alami membuat wisatawan akan terus mengunjungi pulau Bali. Di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini, banyak terdapat penginapan. Mulai dari penginapan sederhana hingga villa dan hotel berbintang. Tempat wisata di Bali ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari. Pemandangan indah pantai dan matahari terbenam dapat dinikmati disore.  Ada juga beberapa hotel yang dekat dengan pantai di sekitar tempat wisata ini, yang mengelar berbagai acara di malam hari. Bahkan disepanjang jalan akan dijumapai berbagai tempat yang menawarkan kuliner-kuliner yang akan memanjakan lidah.

Objek wisata Tanah Lot memiliki Legenda atau cerita yang menarik bagi wisatawan selain keindahan alam yang ditawarkannya, di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu. Apabila turun ke pantai antara Pura Tanah Lot dengan tebing, maka pada bulan tertentu akan menyaksikan matahari terbenam dimana bola matahari yang berwarna merah akan tepat berada di lobang tebing, seperti mata yang lelah memandang dunia.

 Sayangnya pemandangan ini hanya dapat disaksikan pada bulan-bulan tertentu yaitu saat matahari tenggelam condong ke utara. Objek wisatawan yang menarik bukan hanya Tanah Lot yang menjadi tujuan wisatawan manca negara maupun domestic seperti Legian, Jimbaran, Perak Celuk, Danau Bedugul, Goa Lawah, Bedugul, Pantai Lovina, Kerta Gosa, Kinta Mani dan masih banyak lagi objek wisata yang menarik lainnya.


 Pulau Bali memiliki keanekaragaman daya tarik wisata yang mengagumkan. Tidak heran jika pulau yang indah ini sanggup menarik jutaan wisatawan baik asing maupun domestik setiap tahunnya. Hampir semua media internasional yang berhubungan dengan pariwisata dunia menempatkan Bali pada tempat teratas tujuan wisata tropis yang paling diminati. Bali terkenal dengan daya tarik tradisi dan budayanya. Banyak wisatawan datang untuk mengunjungi berbagai pura dan menyaksikan tari-tarian yang masing-masing memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Namun, sebagai surga wisata tropis yang lengkap dengan pegunungan, lembah, ngarai, tanah pertanian, pantai, bahkan sampai panorama yang cantik didasar laut, Bali juga menawarkan banyak hal lain yang tidak kalah menarik. Bangunan pura, adat istiadat serta kebiasaan masyarakat Bali yang sangat kental dengan budayanya menjadikan Bali selalu hidup untuk Pariwisata Nasional.

Opini:
Keindahan memang sesuatu yang bisa dihubungkan dengan banyak hal, seperti kebudayaan, sejarah maupun yang berbentuk fisik seperti oemandangan yang indah.. Pulau Bali salah satu tempat yang memberikan keindahan yang lengkap, baik keindahan fisik maupun kebudayaan dan adat yang ada disana. Keindahan adalah unsur penting yang harus ada dalam kehidupan manusia. Segalanya akan lebih enak dilihat jika hal tersebut indah.
Kekuatan keindahan sangat besar adanya dalam kehidupan manusia. Begitu banyak yang bisa diungkapkan dengan keindahan. Keindahan juga menambah warna dalam dunia, baik itu keindahan estetika dll.
Marilah jaga keindahan  yang ada di Indonesia tersebut, karena keindahan Indonesia bisa tetap indah jika kita juga berperan dalam menjaga dan melestarikan keindahan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar