Jumat, 26 Desember 2014

Tugas
Ilmu Budaya Dasar

Rangkuman Ilmu Budaya Dasar Bab IX Manusia dan Tanggung Jawab



Disusun Oleh:

Jeffry (15214614)
Kelas: 1EA20

Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen
Depok 2014


Bab IX
Manusia dan Tanggung Jawab

A)   Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung Jawab
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatuanya.  Sehingga bertanggung jawab menurut  kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.                          
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia,bahwa setiap manusia pasti di bebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab,maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu.
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradap (berbudaya).Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatanya itu dan manyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya.Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu di tempuh usaha melalui pendidikan penyuluhan,keteladanan,dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B) Macam-Macam Tanggung Jawab

1)      Tanggung Jawab Terhadap Diri sendiri
 Tanggung jawab terhadap diri sendiri menunutut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

2)      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
            Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri,ayah-ibu dan anak-anak dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya,Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga,Tetapi tanggung jawab juga merupkan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan

3)      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
             Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain,sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain, maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.sehingga dengan demikian manusia di sini meruppakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tenggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.

4)     Tanggung Jawab Kepada Bangsa/Negara
             Suatu kenyataan lagi bahwa tiap manusia tiap individu adalah warga Negara suatu Negara.Dalam berfikir,berbuat,bertindak laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang di buat oleh Negara,Manusia tidak dpat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

5)      Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
            Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab,melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung kepada Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman Tuhan yang di tuangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.

C)    Pengabdian dan Pengorbanan

Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan,pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

a.       Pengabdian
             Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran,pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta kasih,sayang,hormat,atau satu ikatan dan semua itu di lakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab

b.      Pengorbanan
             Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan,sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakana kebangkitan .Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebangkitan itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebangkitan tanpa pamrih dapat di rasakan bila kita membaca atau mendengarkan kotbah agama.


Studi Kasus Manusia dan Tanggung Jawab
Pada umum dan kenyataannya, menjaga hubungan antara orang tua dan anak, ketika menghadapi anak masih dibilang balita atau anak-anak sebelum menginjak dewasa, sepertinya relatif masih mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, apabila anak sudah mulai puber, banyak yang mengalami kerenggangan kontak. Mungkin dari pihak anak sendiri yang sudah bisa menjaga privasi atau hal-hal yang menjadi rahasia pada dirinya. Dan juga orang tua merasa canggung untuk lebih intim lagi berkomunikasi dengan anaknya yang menginjak dewasa. Anak dikatakan bandel itu biasa, tak lepas dari ketidak samaan pendapat antara ortu dengan anak. Mana yang benar dan mana yang salah jika tanggapannya berbeda, so pasti nggak bakalan nyambung!
Fenomena yang ada saat ini masih banyak dijumpai ”Kurangnya kesejahteraan antara anak dengan orang tua, ada anaknya yang menjadi korban kurang perhatian dari orang tua, dan ada anak yang kurang memperhatikan orang tua, dan bahkan ada yang kedua-duanya!” Itu jelas ada.
Orang banyak yang bilang kalau di dunia ini tidak ada yang sempurna, akan tetapi dapat dipastikan tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh seorang anak tidak lepas dari BUAH DIDIKAN ORTU itu sendiri. Jadi, sebagai orang tua itu jangan kuper dan parno ya…?
Mendidik anak sangat baik dilakukan sejak dini, dan ada tiga point penting yang perlu dipegang oleh setiap orang tua di dunia(bukan sekedar di Indonesia doang!) diantaranya sebagai berikut…

1). Orang tua bertanggung jawab untuk membentuk identitas anak itu sendiri (logika).
Secara garis besar pada intinya orang tua harus bisa berkomunikasi dengan sehat terhadap anak-anaknya. Dan keberhasilan jalinan komunikasi ini akan menghadirkan rasa empati yang tinggi diantara keduanya, sehingga terciptalah rasa saling menghormati satu sama lain. Apabila mendapati suatu masalah juga bisa dirundingkan permasalahannya dengan bermusyawarah dari hati  ke hati. Komunikasi yang bagus dan rutin, akan menjadikan anak mampu mengenal identitas tentang siapa dirinya yang sebenarnya. Termasuk siapa keluarga mereka, latar belakang keluarganya, dan harapan yang ada dari keluarganya.
Contoh yang hebat seperti ini misalnya; dari sebuah keluarga katakanlah keluarga X yang mana orang tua tersebut bekerja sebagai  pemungut sampah didesanya. Orang tua itu mengatakan kepada anaknya untuk tidak merasa malu terhadap apa yang menjadi pekerjaan orang tuanya sehari-hari. Akan tetapi, orang tua itu berpesan kepada anaknya supaya mau rajin bekerja, berdo’a dan terus bersemangat dengan apapun keadaannya.
Yang demikianlah, identitas anak menjadi jelas dan anak akan memahami siapa dirinya.

2). Orang tua bertanggung jawab terhadap psikologis anak(rasa).
Dalam hal ini, orang tua harus menfokuskan mendidik mental anak. Maaf, terlepas kondisi fisik anak mungkin ada yang kurang sempurna, terlepas anak yang mungkin memeiliki keterbatasan seperti lambat menerima pelajaran di sekolahnya, atau pemalu bergaul dengan orang lain dan berbagai jenis bentuk keterbatasan seorang anak lainnya.
Untuk jiwa anak yang bagus dan sehat, orang tua harus mampu menanamkan nilai spiritual, kekuatan mental dan semangat untuk bertahan hidup(mempunyai cita-cita yang baik). Spiritual disini bukan sekedar mengenalkan siapa Tuhannya, akan tetapi tentang spirit jiwa yang didapatkan dari dalam. Memberitahukan bagaimana langkah yang harus kita lakukan apa bila mendapati suatu masalah dengan bijak merupakan jalan membangun kekuatan mental anak. Pernah kan kita mengenal sosok orang yang disability tetapi berprestasi? Pernah juga kan kita mengenal orang yang pernah mengalami pengalaman buruk dalam hidupnya akan tetapi tetap bisa survive? Mereka bisa karena ada kekuatan dari dalam jiwanya(psikologisnya).

3). Orang tua bertanggung jawab terhadap masa depan karier anaknya(aksi).
Berbicara tentang masalah karier memang tidak dapat diprediksikan, tetapi yang terpenting dan yang paling utama adalah minimal orang tua itu memberikan bekal terhadap anak-anaknya sebuah motivasi dan tindakan secara nyata membiasakan anak untuk  bisa BEKERJA KERAS dan Anti PATAH SEMANGAT terhadap kondisi apapun. Disiniah orang tua memantau anak dengan menumbuhkan kegigihan, keuletan, dan ketangguhan untuk terus berusaha melakukan sesuatu dengan keikhlasan, rasa tanggung jawab yang tinggi, mempunyai etos kerja. Jadi, sekalipun pada akhirnya anak tidak memiliki status pendidikan yang tinggi, sekalipun keluarganya memang berlatar belakang kurang mampu hanya dengan modal ”Mempunyai dedikasi keuletan bekerja” dapat dipastikan seorang anak akan mempunyai masa depan yang cerah.
Di Indonesia ini sangat gencar dengan yang namanya kehidupan rantau-merantau bukan?
Nah, coba pikirkan ya bentuk sumbangan apa yang dapat diberikan oleh orang tua terhadap anaknya yang paling berharga jika bukan didikan yang ada diatas ? Bersekolah yang jauh dari keluarga juga dapat dikatakan merantau, selain merantau itu kebanyakan untuk para pekerja.
Sedangkan hidup dalam rantauan/jauh dengan keluarga tak dapat dihindari akanresiko tindakan kriminalitas, bisa menjadi korban dan menjadi pelaku. Korban penyimpangan seksual untuk perempuan, penganiayaan(tenaga kerja dalam atau luar negeri), dari itu seorang perantau harus mempunyai mental yang benar dari orang tuanya. Mental dari orang tua disini mengarah pada NILAI MORAL yang sehat.

OPINI

            Memang benar adanya bahwa kalau anak gagal ataupun anak berhasil, banyak orang yang mengaitkannya pada tanggung jawab yang gagal atau berhasil itu dari orang tua itu sendiri. Memang benar juga kalau tanggung jawab orang tua terhadap perkembangan sang anak sangatlah besar. Orang tua memang tidak hanya memenuhi kebutuhan lahiriah saja, namun juga harus memenuhi kebutuhan perkembangan jiwa dan kepribadian sang anak. Akan tetapi hal itu juga harus didukung oleh tanggung jawab dari sang anak itu sendiri juga, karena tanggung jawab seorang anak juga harus bisa menjaga nama baik orang tuanya. Apabila kita bisa menjadi anak yang menurut apa didikan orang tua dan menjadi anak yang bisa dibanggakan, maka sama saja kita sudah melaksanakan tanggung jawab itu.

Maka dari itu mulai dari sekarang marilah kita lebih bias bertanggung jawab menjadi anak yang lebih baik agar kita juga bias membantu orang tua kita memenuhi segala tanggung jawabnya dalam membentuk diri kita menjadi anak yang baik dan berguna di masyarakat.


Sumber: http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2014/11/03/jadi-orang-tua-jangan-kuper-duper-dan-parno-700501.html

0 komentar:

Posting Komentar