Minggu, 23 November 2014


Pentingnya Komunikasi Dalam Bekerja





Pernahkah Anda membayangkan bila komunikasi dalam suatu tim kerja tidak berjalan dengan semestinya? Hal ini akan membuat sebuah tim kurang solid, karena itu komunikasi sangatlah penting dalam sebuah tim kerja agar memperoleh keberhasilan. Tim kerja yang solid adalah tim kerja yang selalu menjaga komunikasi antara anggota yang satu dengan yang lainnya, sehingga merasa seperti keluarga.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar komunikasi bisa berjalan lancar:

Ingatkan Bila Rekan Anda Melakukan Kesalahan
Berbicaralah kepada rekan Anda bila melakukan kesalahan yang melakukan kesalahan dalam kerja, hal ini akan membuat rekan Anda merasa diperhatikan oleh Anda, selain itu juga rekan Anda bisa introspeksi diri agar tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Tanya Jika Anda Kurang Mengerti
Tanyalah kepada rekan Anda jika Anda merasa kurang mengerti tentang pekerjaan yang diberikan, karena itu akan membuat komunikasi yang baik dalam sebuah team. Selain itu, jangan segan untuk berbagi pengetahuan kepada sesama anggota tim.

Mengetahui Karakter Rekan Anda
Komunikasi juga dapat membuat Anda mengetahui karakter dari rekan kerja Anda, jadi Anda akan lebih mudah menghadapi rekan kerja teman Anda tanpa harus menyinggung perasaannya. Dengan melakukan sebuah komunkasi dua arah, Anda akan secara tidak langsung mengetahui sifat dari lawan bicara Anda.

Hubungan Semakin Erat

Dengan komunikasi yang baik, pasti hubungan antara Anda dengan rekan kerja Anda akan semakin erat. Anda akan merasa seperti keluarga yang akan mengerti satu sama lain. Dengan komunikasi yang baik , Anda akan menjalin hubungan bukannya hanya di dalam pekerjaan, tapi juga di luar pekerjaan Anda.

Terhindar dari Konflik Internal

Dengan komunikasi yang berjalan sangat baik, Anda dengan rekan Anda pasti akan terhindar dengan yang namanya konflik internal, karena Anda selalu memberikan masukan kepada rekan kerja Anda tentang kesalahannya, dan bukan hanya itu rekan Anda juga akan memberikan masukan kepada Anda tentang kesalahan yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan. Sehingga Anda dan rekan kerja Anda dapat terhindar dari konflik internal.

OPINI:
Komunikasi adalah hal yang sangat vital dalam kehidupan pekerjaan, tidak hanya bidang pekerjaan melainkan bidang lainnya juga pasti membutuhkan komunikasi sebagai penyalur bahasa agar dimengerti sesama. Namun hal ini sering kali oang lupakan, walaupun sekarang sudah era modern dan orang lebih condong bersikap individual, namun komunikasi terlebih lagi komunikasi langsung bertatap muka merupakan hal yang tetap sangat penting.

Dalam bekerja, komunikasi yang baik merupakan hal yang sangat berperan dalam kemajuan internal maupun eksternal perusahaan. Komunikasi perlu dalam rapat internal perusahaan, namun komunikasi juga perlu dalam penyampaian kepada client kita. Maka dari itu jika orang bisa melakukan komunikasi dengan baik dengan semua orang, bisa dipastikan orang ini punya kemungkinan lebih besar dalam mengembangkan potensinya. Komunikasi juga merupakan kemampuan softskill yang disalurkan dari hardskill otak. Jika kita punya otak pintar namun tidak bisa diutarakan dengan kemampuan softskill yang baik, maka sama saja dengan tidak memberikan kontribusi.
Marilah kita lebih tingkatkan kemampuan soft skill komunikasi kita agar kiranya, kita semua bisa lebih baik dalam hardskill dan softskill


Sumber: http://akademikfp.staff.ub.ac.id/archives/2119

0 komentar:

Posting Komentar