Jumat, 12 Juni 2015

Pentingnya Pendidikan



            Sekarang ini kebutuhan akan pendidikan dan sekolah merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus dijalankan oleh semua orang. Pendidikan zaman sekarang itu sudah seperti keharusan dan menjadi hal yang harus di dahulukan.

Ada beberapa hal yang membuat pendidikan itu penting bagi individu masing-masing:

Untuk Karir atau Pekerjaan
Pendidikan sangat penting karena untuk melengkapi kita dengan keahlian yang diperlukan dalam dunia kerja serta membantu kita dalam mewujudkan tujuan karir. Keahlian merupakan pengetahuan yang mendalam mengenai suatu bidang tertentu yang dapat membuka peluang karir bagus untuk masa depan. Sehingga dengan adanya pendidikan yang layak dan baik maka dapat membantu kita sebagai manusia untuk mewujudkan impian.
Menjadi Manusia yang Lebih Baik dan Berkarakter
Pentingnya pendidikan bagi manusia berikutnya adalah untuk menjadikan manusia yang lebih baik dan berkarakter. Pendidikan selain penting untuk karir juga sangat penting untuk menjadikan manusia agar lebih baik karena membuat kita beradab. Pada umumnya Pendidikan adalah dasar dari budaya dan peradaban. Pendidikan membuat kita sebagai manusia untuk berpikir, menganalisa, serta memutuskan. Menumbuhkan karakter pada diri sendiri juga merupakan tujuan dengan adanya pendidikan, sehingga menciptakan Sumber Daya Manusia yang lebih baik. Baca Juga Bahaya Minuman Bersoda

Membantu dalam Kemajuan Suatu Bangsa
Untuk kemajuan suatu bangsa, pendidikan sangat berperan penting di dalamnya. Sehingga manusia yang baik membutuhkan suatu pendidikan. Dalam dunia yang kompetitif dan bersaing, pendidikan adalah jalan untuk dapat bersaing. Sebagian besar menyadari dengan adanya pendidikan yang baik maka menghasilkan manusia yang baik. Tidak hanya pendidikan saja, namun juga memerlukan keahlian yang cukup dalam membuat maju suatu bangsa.
Memberikan Pengetahuan
Sebuah efek langsung dari pendidikan adalah dengan adanya mendapatkan pengetahuan yang luas. Pendidikan memberikan pelajaran yang begitu penting bagi manusia mengenai dunia sekitar, mengembangkan perspektif dalam memandang kehidupan. Pendidikan yang sebenarnya diperoleh dari pelajaran yang diajarkan oleh kehidupan kita. Maka dari itu banyak Pemerintah yang menganjurkan pendidikan yang baik di mulai sejak dini, agar ketika kelak dewasa mempunyai Sumber Daya Manusia yang baik.
Memberikan Pencerahan dalam Kehidupan
Dengan adanya pendidikan dapat menghapuskan keyakinan yang salah di dalam pikiran kita. Selain itu juga dapat membantu dalam menciptakan suatu gambaran yang jelas mengenai hal di sekitar kita, juga dapat menghapus semua kebingungan. Orang dengan pendidikan yang tinggi biasanya akan lebih bijak dalam menyelesaikan suatu masalah, hal ini dikarenakan mereka sudah mempelajari mengenai ilmu pendidikan dalam kehidupan.
Sumber referensi: http://dbagus.com/pentingnya-pendidikan-bagi-manusia
Opini:
Menurut saya pendidikan itu adalah hal yang sangat penting terlbih lagi di era globalisasi seperti ini. Bahkan semua orang yang memiliki anak pasti akan selalu mempunyai budget khusus untuk biaya pendidikan sang anak. Tuntutan Pekerjaan dan kondisi persaingan yang semakin ketat, memaksa semua orang berlomba-lomba untuk memiliki pendidikan tinggi.
Ada beberapa motif lain pendidikan menurut saya:
1. Motif Harga diri dan Prestise
Seseorang yang memiliki pendidikan tinggi seperti S1 bahkan sampai S3, pasti memiliki rasa kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi dibanding dengan orang dibawah gelar akademik tersebut. Gelar akademik tersebut juga membuat seseorang lebih dihormati dan disegani di kalangan masyarakat dan kerabatnya.
2. Motif untuk memenuhi syarat tertentu
Terkadang orang memiliki pendidikan dan sekolah tinggi bukan semata-mata ingin mendapat ilmu, akan tetapi ada beberapa motif utama seperti syarat yang memaksa seseorang sebagai syarat awal dan wajib seperti masuk bekerja, masuk dalam sebuah organisasi dll. Maka dari itu, belum tentu oran yang berjenjang pendidikan tinggi memiliki keilmuan dan kreativitas yang jauh lebih tinggi dari orang yang memiliki akademis lebih rendah.
3. Motif Paksaan
Ada kalanya seseorang sudah cukup pada jenjang S1 saja, namun terkadang ada juga orang yang melanjutkan gelarnya sampai S2 bahkan S3 karena suatu dorongan atau paksaan dari orang-orang disekitarnya. Ada berbagai penyebab yang mendasari hal ini seperti faktor tuntutan orang tua yang mungkin dari kalangan keluarga yang punya sejarah anggota keluarganya berpendidikan diatas S1.
Apapun motif dan penyebabnya, namun pada intinya pendidikan adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan bukan semata-mata untuk mengisi waktu dan juga untuk memenuhi motif tertentu namun kita harus bisa membuat persepsi dan yakin bahwa kita mencari pendidikan untuk mencari ilmu dan pengetahuan serta mengembangkan kepribadian kita.





0 komentar:

Posting Komentar